Akses Jurnal Elektronik


Journal untuk kegiatan penelitian merupakan suatu keharusan, baik sebagai bahan untuk kajian empiris maupun kajian teoritis. Bahkan beberapa perguruan tinggi sudah mengharuskan mahasiswanya untuk menggunakan journal lebih banyak daripada buku teks. Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan-bahan ilmiah yang biasanya mengambil tema yang up to date (tema yang diminati) pada saat diterbitkan. Jurnal ilmiah biasanya berisikan hasil-hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh akademisi dan disusun secara ringkas dan sistematis.

Manfaat Jurnal Penelitian Ilmiah
Beberapa fungsi dan manfaat jurnal penelitian, baik yang berbentuk skripsi, tesis, desertasi atau penelitian ilmiah lainnya yang kemudian dibukukan atau dipublikasikan akan membawa manfaat dan keuntungan bagi penelitinya maupun pembacanya.
Berikut ini manfaatnya jurnal penelitian bagi peneliti:

  1. Media publikasi peneliti atas hasil penelitiannya.
  2. Syarat sah dari penelitian adalah dengan melaporkan penelitian.
  3. Apa yang ditelitinya, dapat dibaca oleh banyak orang dan bisa dimanfaatkan. Baik secara intelektual maupun diaplikasikan.
  4. Menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban dari apa yang sudah ia teliti atau disimpulkan

Sementara, bagi pembaca, manfaat adanya /jurnal penelitian/ ini adalah sebagai berikut:

  1. Jurnal penelitian dapat menjadi pemicu atau stimulus untuk dikembangkan kembali menjadi penelitian yang berkelanjutan.
  2. Membantu pencarian data-data dan konsep penulisan dalam membuat penelitian ilmiah.
  3. Mendapatkan pengetahuan dari isi jurnal, contohnya: kumpulan jurnal penelitian mengenai: pengolahan sampah atau limbah rumah tangga, manfaat obat-obatan tradisional, pengolahan bambu dan lain sebagainya, penelitian seperti itu dapat dijadikan bahan acuan oleh masyarakat untuk mengaplikasikannya/ mengeksplorasi apa yang menjadi objek penelitian.
  4. Menghilangkan paradigma atau pandangan bahwa: hal-hal yang berbau akademis atau formil tidak dekat dengan masyarakat khususnya mengenai teori-teori ataupun penelitian-penelitian.

Selain itu, ada beberapa fungsi Jurnal Penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi atau tesis. Fungsi jurnal ilmiah diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Pembuatan Latar Belakang Masalah Skripsi / Tesis. Salah satu fungsi jurnal ilmiah adalah untuk mendapatkan permasalahan yang bisa dijadikan sebagai dasar penulisan latar belakang masalah skripsi / tesis. Dalam contoh jurnal terbaru biasanya terungkap permasalahan yang actual. Ini akan memudahkan peneliti dalam menyusun latar belakang masalah. Berbagai masalah-masalah yang relevan selanjutnya direkap atau dikumpulkan dalam sub identifikasi masalah. Langkah selanjutnya adalah memilih masalah yang akan diteliti dan dimasukan ke dalam rumusan masalah.
  2. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Penyusunan Kerangka Teori Skripsi / Tesis. Dalam Contoh Jurnal Penelitian biasanya disertai dengan ringkasan teori-teori yang relevan dengan suatu tema tertentu. Hal ini dapat kita gunakan dan dikembangkan menjadi teori utama dalam penulisan skripsi atau tesis. Untuk mengembangkan kerangka teori yang sudah ada di dalam Jurnal Penelitian bisa dengan melengkapinya dari buku atau literature, jurnal penelitian yang lain, hasil penelitian, dan lain sebagainya. Dengan menggabungkan beberapa jurnal bahasa Indoneaia atau Jurnal Internasional, kerangka teori di skripsi atau tesis anda akan menjadi berbeda dan khas, sehingga tidak dianggap plagiat.
  3. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Penyusunan Penelitian Terdahulu. Penelitian terdahulu biasanya menjadi salah satu sub-bab di dalam BAB II dari suatu karya ilmiah Skripsi atau Tesis. Penelitian terdahulu biasanya di isi dengan ringkasan dari contoh jurnal ilmiah, contoh skripsi atau contoh tesis. Ringkasan yang digunakan berisikan judul, tujuan penelitian terdahulu, metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian terdahulu, dan kesimpulan dari penelitian terdahulu.
  4. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Metodologi Penelitian Skripsi / Tesis. Penyusunan metodologi penelitian akan lebih mudah jika kita mempunyai penelitian yang sejenis. Berdasarkan contoh jurnal ilmiah atau contoh penelitian sejenis akan terlihat pola yang sudah digunakan. Dengan demikian, dapat dilihat kelebihan dan kekurangan dari pendekatan metode penelitian yang sudah dilakukan.
  5. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Pengambilan Kesimpulan Skripsi / Tesis. Kesimpulan yang diambil dari suatu karya ilmiah skripsi atau tesis biasanya sesuai dengan kesimpulan yang terdapat dalam penelitian terdahulu. Namun demikian, terkadang terdapat perbedaan dengan penelitian yang terdahulu. Adanya perbedaan itu harus bisa dijelaskan oleh peneliti, misalnya karena ada perbedaan di objek, perbedaan dari aspek metodologi penelitian yang digunakan, atau karena faktor-faktor yang lain.

Adanya pemahaman terhadap fungsi jurnal ilmiah tersebut diharapkan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tesis dapat secara bijak menggunakan jurnal penelitian.

Pada tanggal 04 Juli 2013, STIE Canda Bhirawa mendapatkan surat dari Kopertis VII berkenaan dengan penyampaian informasi username dan password untuk akses jurnal internasional ( e journal) tahun 2013 secara gratis.

Jurnal internasional yang dapat diakses oleh civitas akademika STIE Canda Bhirawa Kediri terdiri dari tiga e journal, yaitu:
1. ProQuest
2. Cengage
3. EBSCO

Ketiga journal tersebut dapat diakses secara gratis oleh civitas akademika STIE Canda Bhirawa Kediri dengan cara menghubungi Sinollah setiap hari selasa atau sabtu di STIE Canda Bhirawa Kediri.

Gallery | This entry was posted in STIE Canda Bhirawa Kediri. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s