Pelatihan Student Centered Learning (SCL)


Pada tanggal 28 – 29 Juni 2013, STIE Canda Bhirawa mengadalam pelatihan bagi dosen-dosen dengan tema Student Centered Learning (SCL). Pada acara tersebut Alhamdulillah semua dosen dapat ikut. Student Centered Learning (SCL) adalah paradigma belajar mengajar dimana mahasiswa yang lebih berperan aktif, sedangkan dosen hanya fasilitator dan pengarah saja. Paradigma ini adalah kebalikan dari paradima Teacher Centered Learning (TCL) dimana mahasiswa hanya menerima saja.

Pematerinya Alhamdulillah dari orang yang berkompeten, yaitu dari Universitas Negeri Malang (dua orang) dan dari Universitas Brawijaya Malang (satu orang).

Dalam pelatihan tersebut djelaskan bahwa paradigma tersebut (SCL) sudah menjadi keniscayaan untuk saat ini dan hal tersebut memang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia. Dengan metode SCL diharapkan mahasiswa tidak hanya menjadi objek saja dalam pembelajaran, tetapi menjadi subjeknya sehingga dibutuhkan kreatifitas dosen dalam hal mengatur dan mengkondisikan kelas menjadi Student Centered Learning (SCL), khususnya pada metode pembelajaran yang dipergunakan yang memungkinkan mahasiswa dapat aktif dan berperan sebagai subjek dalam belajar mengajar.

Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang sifatnya multimedia (laptop, LCD, internet dan sebagainya) untuk kondisi saat ini merupakan sesuatu yang sifatnya quo fadis (keberadaannya tidak bisa diacuhkan) karena akan membuat sebuah proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan atraktif. Dengan penggunaan media pembelajaran seperti tersebut, dimungkinkan perkuliahan tidak hanya di kelas saja tetapi juga bisa dimanapun dan kapanpun.

Untuk menuju pada Student Centered Learning (SCL) yang sifatnya memanfaatkan media pembelajaran yang sifatnya multimedia, maka mau tidak mau dosen harus dapat mempergunakan media tersebut dan menjadi fasilitator, dan yang paling penting adalah dosen harus mempersiapkan terlebih dahulu materinya, begitu juga mahasiswa.

Pertanyaan besarnya adalah, siapkah dosen dan mahasiswa STIE Canda Bhirawa melaksanakan SCL? Paling tidak rumus 3M nya Aa’ Gym disini dapat diterapkan. Bagi mereka yang belum siap biarkan mereka dengan ketidaksiapannya toh nanti juga mereka akan terseleksi secara alami.

Mahasiswa sekarang sudah melek teknologi, maka dosen juga harus menyiapkan diri untuk menerima tantangan tersebut. Jika mahasiswa sudah dapat mandiri dan berani mengutarakan pendapatnya dengan dasar yang jelas, maka dosen harus berbangga bahwa dia sudah ada keberhasilan mendidik mahasiswa.

SIAPKAHHH???????????? SEMOGA!!!

Advertisements
Gallery | This entry was posted in STIE Canda Bhirawa Kediri. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s