Review Pertemuan 12 Januari 2013


Setelah sukses penyelenggaraan sosialisasi program akademik dan dengar pendapat dengan mahasiswa reguler, khususnya semester 5 dan 7 pada hari Selasa 8 Januari 2013,  Saya sebagai Kaprodi Manajemen juga mewakili Puket I dan Kaprodi Akuntansi, mengadakan acara serupa khusus untuk kelas karyawan STIE Canda Bhirawa pada hari Sabtu, 12 Januari 2013.

Pertemuan dibuka sesuai jadwal jam 16.00 WIB dengan diawali pembukaan dan prolog dari Puket I, Bapak Ir. Hafni Rizanudin Nur, MM, secara global agenda akademik kedepan, selanjutnya langsung saya yang memegang kendali pertemuan karena Puket I harus mengejar kereta ke Stasiun Kertosono menuju Bandung untuk melanjutkan studi S3 nya di Jurusan Manajemen Universitas Padjadjaran Bandung.

Tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, kelas karyawan juga tidak sedikit persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa, khususnya berkenaan dengan akademik yang berupa perkuliahan dan tugas akhir serta pelaksanaan KKN. Sebelum dibuka forum tanya jawab, saya jelaskan secara lebih detail apa yang telah disampaikan Puket I, dimulai dari proses perkuliahan, dosen pengampu mata kuliah, KKN dan tugas akhir (skripsi).

  1. Kedepan tidak ada lagi dosen manajemen membimbing di Akuntansi dan sebaliknya, kecuali topik berhubungan dengan keuangan bisa saling melengkapi karena topik keuangan pada kedua prodi saling melengkapi.
  2. Kedepan diusahakan pembimbing maupun penguji skripsi sesuai dengan kompetensinya sehingga mulai sekarang Kaprodi membuat pemilahan kompetensi dosen berdasarkan konsentrasi ijasahnya beserta hasil penelitiannya. Skripsi wajib bagi semua mahasiswa dengan alur semua melalui Kaprodi setelah mendapatkan rekom dari bagian keuangan dan bagian akademik. Untuk alur pengajuan judul, Ujian proposal dan ujian skripsi bisa di baca di https://sinollahblog.wordpress.com/2013/01/09/review-pertemuan-08-januari-2013/
  3. Kedepan dosen pengampu mata kuliah disesuaikan kompetensinya sehingga mulai sekarang Kaprodi membuat pemilahan kompetensi dosen berdasarkan konsentrasi ijasahnya beserta hasil penelitiannya.
  4. Mulai semester genap 2012/2013 akan diberlakukan kurikulum baru. Kurikulum baru ini berlaku untuk angkatan 2012, sedangkan angkatan sebelumnya tetap berlaku kurikulum lama. Hal ini dilakukan karena kurikulum lama tidak pernah ada peninjauan sejak STIECB berdiri (tahun 1999)  sampai 2012. Idealnya, sebuah kurikulum ditinjau ulang per 4 (empat) tahun sekali.
  5. KKN (Kuliah Kerja Nyata) wajib diikuti oleh semua mahasiswa tanpa perkecualian. Jika memang ada hal-hal yang menyebabkan mahasiswa tidak bisa mengikuti KKN karena diluar kontrolnya, maka pihak akademik (Kaprodi dan Puket I) akan mengambil kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut.
  6. Kedepan, khususnya yang berhubungan dengan akademik akan dibuatkan SOP (Standard Operasional Prosedur) yang dapat dibaca oleh semua pihak termasuk mahasiswa.
  7. Semua mahasiswa, termasuk kelas karyawan, wajib melakukan KRS (Kartu Rencana Studi) dan berhak menerima KHS (Kartu Hasil Studi) setiap semesternya. Jika selama ini belum mendapatkan KHS silahkan berkoordinasi dengan Bagian Akademik.
  8. Mata kuliah beserta dosen pengampunya per semester akan disampaikan kepada mahasiswa pada awal semester, termasuk untuk kelas karyawan.
  9. Kelas Karyawan wajib ada UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).
  10. Segala yang berhubungan dengan dosen (seperti tugas mata kuliah, soal ujian dan nilai) merupakan hak prerogatif dosen sehingga segala sesuatunya tergantung kepada komunikasi dosen dan mahasiswa, Kaprodi dan Bagian Akademik hanya fasilitator saja.
  11. Hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa berkenaan dengan akademik yang tidak tercantum di kurikulum (seperti kunjungan industri, program profesional dan lain sebagainya) bukan merupakan kewajiban sehingga penyelenggaraannya diserahkan kepada mahasiswa namun tetap dalam koordinasi dan pengawasan lembaga, Kaprodi, Bagian Akademik dan Puket I hanya fasilitator saja.

Selanjutnya saya buka forum tanya jawab. Dari sekian mahasiswa yang hadir mengatakan bahwa mereka sudah mendengar kabar akan adanya program baru akademik dan mereka merasa dan berkesimpulan “program baru ini meresahkan mereka”, tidak sedikit juga dari mereka yang merasa “down”, karena sudah “dicekoki” dengan informasi yang tidak benar tentang penerapan program baru ini dari beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab.

Satu persatu pertanyaan saya jawab sampai semua merasa puas, alhamdulillah ternyata mereka hanya “galau” saja dan dapat memahami setelah saya jawab dengan program kedepan dan kemungkinan persoalan serta kemungkinan solusinya.

Jam 17.00 WIB pertemuan saya hentikan karena ternyata ada perkuliahan, padahal dijadwal yang saya punya perkuliahan selesai pada tanggal 06 Januari 2013. Setelah perkuliahan selesai pada jam 18.00 WIB mahasiswa masih antusias untuk melanjutkan sharing sehingga saya buka lagi pertemuannya langsung dengan tanya jawab.

Ada satu pertanyaan yang membuat saya kaget sekaligus saya tersenyum yaitu berkenaan dengan roling personil di lingkunga STIE Canda Bhirawa yang dilakukan per 1 Desember 2012. Menurut si mahasiswa pergantian tersebut tidak prosedural dan tidak tepat. Saya tidak memberikan jawaban kepada si mahasiswa karena bagi saya tidak memiliki kapasitas untuk mempermasalahkan hal tersebut apalagi bertanya kepada saya. Kalaupun mau bertanya, silahkan tanya kepada yang membuat kebijakan, jangan bertanya ke saya karena itu bukan kapasitas saya. Usut punya usut ternyata pertanyan dan penanya punya tendensi tertentu, tetapi saya tidak punya kapasitas untuk berbicara di forum ini. Yang membuat saya kaget adalah apa yang disampaikan si mahasiswa bahwa pergantian tersebut tidak prosedural dan tidak layak ada rotasi. Pertanyaan saya, apa dasar pernyataan mahasiswa tersebut dan apa tendensinya, karena hanya dia saja yang mempermasalahkan. Sebagian besar mahasiswa termasuk Ketua BEM STIE CB menyambut baik adanya rotasi personil STIE CB dan program baru yang akan dijalankan oleh akademik. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa tugas mahasiswa itu adalah belajar sesuai aturan kampus dan memenuhi kewajiban lainnya baik kewajiban berkenaan dengan akademik maupun keuangan. Hak mahasiswa adalah mendapatkan pelayanan yang baik dari kampus. Akan tetapi yang perlu dipahami oleh semua yang belajar organisasi dan manajemen adalah bahwa sebuah roling (entah mutasi, rotasi dan demosi) itu merupakan sebuah keniscayaan) dan tidak dapat dihindarkan, selain itu hukum alam itu mengatakan bahwa sesuatu itu tidak selamanya di atas atau sesuatu itu tidak selamanya di bawah. Jika ada sesuatu ingin selalu di atas atau selalu ingin di bawah maka itu melawan kodrat nya sendiri.

Sebenarnya program yang akan kita jalankan ini bukan program yang baru, tetapi sesuatu yang lazim dilakukan diperguruan tinggi dan dilakukan oleh mahasiswa. Kami di jajaran akademik hanya melakukan penertiban administrasi saja sebagaimana layaknya dilakukan diperguruan tinggi lainnya. Kami juga berkeinginan mahasiswa tidak minder jika bertemu dengan mahasiswa lain perguruan tinggi dan ada “sesuatu” yang bisa diceritakan kepada orang lain bahwa seorang mahasiswa itu seperti ini loh. Apa yang kami lakukan dan akan kami lakukan kedepan hanya menempatkan sesuatu, yang berhubungan dengan akademik, kepada rel yang benar yang selama ini masih kurang benar.

Saya sebenarnya juga merasa heran, apa sebenarnya yang “mereka” takutkan dengan penerapan akademik yang menurut mereka baru. Bagi kami apa yang sudah kami lakukan dan akan kami lakukan merupakan hal lazim yang terjadi di perguruan tinggi. Kami juga akan membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan akademik ada dasarnya secara tertulis sehingga semua bisa membaca dan memberikan masukan. Untuk itu, bagi siapapun yang merasa dirugikan dengan program ini silahkan didiskusikan dengan kami (Kaprodi, Bagian Akademik dan Puket I), jangan didiskusikan dengan orang yang tidak punya kapasitas, kalau itu terjadi maka yang ada hanya mereka-reka saja dan cenderung memfitnah. Juga lakukan sesuatu itu sesuai dengan kapasitasnya supaya tidak terjadi tumpang tindih dan cenderung api dalam sekam.

Kami hanya ingin STIE Canda Bhirawa ini lebih baik dan lebih berkembang. Kalau hanya berkaca dulu atau kita masih berfikir STIE CB masih kecil terus, maka selamanya kita akan tertinggal dari perguruan tinggi lain dan selamanya kita berfikir STIE CB ini kecil sehingga kita tidak melakukan sesuatu yang akan membuat STIE CB berkembang. Mari kita bangun STIE CB ini sesuai dengan kapasitas kita masing.

Terima kasih kepada semua pihak atas masukannya, terutama kepada mahasiswa. Semoga lebih baik.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in STIE Canda Bhirawa Kediri. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s