Review Pertemuan 08 Januari 2013


Pada tanggal 7 Januari 2013 saya posting pemberitahuan kepada mahasiswa STIE sebagai berikut: “Kepada mahasiswa STIE CB Semester 5 dan 7, besok, Selasa, 8 Januari 2013, diharap hadir jam 16.00 WIB karena ada perubahan format pengusulan judul skripsi yang harus dijelaskan kepada mahasiswa. Terima kasih”. Pada halaman comment saya tambahkan bahwa pengumuman sebagai berikut: “Kalau kelas karyawan yang mau mengajukan skripsi juga boleh ikut, karna format pengusulan judul skripsi yang baru berlaku untuk semuanya”.

Agenda tersebut muncul dibenak saya sejak 29 Desember 2012 sewaktu melakukan diskusi dengan Pembantu Ketua I, Ir. Hafni Rizanudin Nur, MM, berkenaan dengan format baru pengajuan judul skripsi beserta rencana lainnya yang berkenaan dengan skripsi di STIE Canda Bhirawa Kediri.

Jam 16.00 WIB saya masuk ruangan di ruang 6, Alhamdulillah tidak sedikit mahasiswa semester 5 dan 7 yang sudah hadir, yang tidak Saya sangka ternyata hampir seluruh mahasiswa semester 5 dan 7 yang hadir, dimana ketika perkuliahan biasanya lebih sedikit. Ternyata teori motivasi disini berlaku: “Bahwa orang seseorang dalam melakukan sesuatu itu digerakkan oleh motif. Semakin besar motif, maka semakin besar pula tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mendapatkan motif tersebut, dan sebaliknya”.

Setelah berbasa-basi sedikit, langsung saya masuk pada pokok agenda: “Format pengajuan judul skripsi”. Pada format baru, mahasiswa selain judul skripsi juga harus mencantumkan tiga hal, yaitu:

  1. Variabel penelitian, yaitu segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Contoh: Pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawa. Maka variabel dalam penelitian ini minimal ada tiga, Saya katakan minimal karena dalam judul tersebut ada tiga konsep (kepemimpinan, lingkungan kerja dan kinerja). Jika ketiga konsep tersebut langsung dijadikan variabel (tidak dipecah lagi menjadi beberapa variabel terutama kepemimpinan dan lingkungan kerja , maka variabelnya hanya ada tiga. Lain hal jika konsep tersebut dipecah lagi menjadi variabel, misal kepemimpinan, dalam konsep gaya kepemimpinan dikenal dua tipe yaitu kepemimpinan berorientasi tugas dan kepemimpinan berorientasi hubungan, jika kedua tipe kepemimpinan tadi dijadikan variabel, maka variabelnya akan bertambah.
  2. Deskripsi. Dalam deskripsi berisi penjelasan tentang variabel, maknanya apa dan menurut pendapat siapa. Selanjutnya juga dijelaskan tentang kapan dan dimana penelitian dilakukan, siapa yang menjadi populasi dan sampelnya serta analisis apa yang digunakan.
  3. Literatur, berisi tentang literatur (pustaka) dari pendapat yang diambil tadi, khususnya berkenaan dengan penjelasan variabel, ditulis jelas seperti menuliskan daftar pustaka.

Pada kesempatan tersebut juga saya sampaikan bahwa  skripsi diajukan kepada Kaprodi, alurnya sebagai berikut:

  1. Meprogram skripsi pada semester bersangkutan pada KRS
  2. Setelah mendapatkan rekom dari Puket II (dalam hal ini bagian keuangan), maka rekom tersebut dibawa ke bagian akademik untuk dicek kelengkapan akademiknya. Syarat: minimal sudah memenuhi 120 SKS, lulus mata kuliah prasyarat seperti PPKn, Bahasa Indonesia, Agama dan Metpen. Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi akan mendapatkan surat keterangan dan formulir pengajuan skripsi dari Bagian Akademik yang selanjutnya disampaikan kepada Kaprodi.
  3. Dari form pengajuan judul skripsi yang sudah di isi oleh mahasiswa, Kaprodi akan mendiskusikan judul beserta deskripsinya dengan mahasiswa yang mengajukan untuk mengetahui pemahaman serta kesiapan mahasiswa.
  4. Jika Kaprodi menyetujui, akan diberikan rekom pembimbing skripsi untuk disampaikan ke Bagian Akademik untuk dibuatkan Surat Tugas Pembimbingan (Pembimbing skripsi hanya 1 (satu) orang).
  5. Jika Kaprodi tidak menyetujui (bisa karena judul tersebut sudah terlalu banyak di STIE, mahasiswa kurang mempunyai pemahaman, tidak sesuai dengan Prodi atau karena sebab lain), maka Kaprodi akan meminta mahasiswa untuk mengajukan judul baru beserta deskripsinya sampai ada kepahaman dari mahasiswa dan persetujuan Kaprodi.
  6. Selanjutnya mahasiswa membawa Surat Tugas Pembimbing ke Pembimbing yang ditunjuk untuk mendapatkan persetujuan dari dosen yang ditunjuk.
  7. Jika ada perubahan topik atau variabel, mahasiswa wajib memberitahukan kepada Kaprodi disertai tanda persetujuan dari pembimbing yang ditunjuk.

Langkah selanjutnya adalah Ujian Proposal. Ujian proposal ini dilakukan jika proposal (biasanya bab 1, 2 dan 3) yang sudah jadi disetujui pembimbing. Alurnya sebagai berikut:

  1. Berdasarkan persetujuan proposal dari pembimbing dibawa ke Bagian Akademik untuk mendapatkan form Ujian Proposal, mahasiswa menyerahkan 3 (tiga) eksemplar proposal penelitian ke Bagian Akademik.
  2. Setelah form diisi selanjutnya diajukan ke Kaprodi untuk mendapatkan rekomendasi Dosen Penguji Proposal (dosen penguji proposal ada 2 orang dan diusahakan juga merupakan dosen penguji skripsi supaya ada keberlangsungan).
  3. Form yang sudah ada rekomendasi dosen penguji proposal dan telah ditandatangani oleh Kaprodi diserahkan ke Bagian Akademik untuk dibuatkan jadwal ujian.
  4. Mahasiswa mendapatkan berita acara ujian proposal dari Bagian Akademik untuk diisi dan dibawa waktu ujian proposal untuk diserahkan kepada pimpinan sidang (pimpinan sidang adalah pembimbing proposal).
  5. Pimpinan sidang berkewajiban memberikan Berita Acara Ujian Proposal ke Bagian Akademik untuk didistribusikan kepada Kaprodi.

Hasil ujian proposal merupakan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan proposal yang dibuat mahasiswa untuk didiskusikan kembali dengan dosen pembimbing, dosen pembimbing berkewajiban menjalankan hasil rekomendasi tersebut.

Ujian skripsi dilaksanakan setelah skripsi disetujui oleh dosen pembimbing, dengan syarat dan alur sebagai berikut:

  1. Bebas tanggungan yang berkenaan dengan keuangan;
  2. Bebas tanggungan berkenaan dengan akademik;
  3. Foto kopi sertifikat PKL dan KKN
  4. Berdasarkan tanda persetujuan dari pembimbing skripsi, mahasiswa meminta formulir ujian skripsi ke Bagian Akademik dengan menyerahkan skripsi lengkap 3 (tiga) rangkap yang dimasukkan satu persatu ke map plastik.
  5. Setelah formulir ujian di isi, selanjutnya disampaikan ke Kaprodi untuk mendapatkan rekomendasi dosen penguji skripsi (dosen penguji skripsi bisa sama dengan dosen penguji proposal penelitian).
  6. Formulir yang sudah ada rekomendasi dosen penguji skripsi dan telah ditandatangani Kaprodi diserahkan kembali ke Bagian Akademik untuk dijadwalkan kapan dan waktu ujian skripsi.
  7. Mahasiswa mendapatkan form Berita Acara Ujian Skripsi untuk diisi dan diserahkan kepada pimpinan sidang ujian ketika ujian skripsi berlangsung.
  8. Setelah Ujian berlangsung, pimpinan sidang berkewajiban menyerahkan Berita Acara Ujian Skripsi kepada Bagian Akademik untuk didistribusikan kepada Kaprodi.
  9. Hasil ujian dapat berupa : (a). Lulus tanpa revisi, (2). Lulus dengan revisi, atau (c). Tidak lulus.

Setelah ujian skripsi, kalau ada revisi direvisi, jika tidak mahasiswa langsung meminta tanda tangan persetujuan ujian skripsi kepada majelis penguji.

Skripsi yang sudah lengkap dijilid dengan hard cover (contoh lihat di perpustakaan), 1 (satu) eksemplar diserahkan ke perpustakaan dan menyerahkan soft copy (file) dalam bentuk compact disk ke Kaprodi.

Selesai, semoga bermanfaat

Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan tulis di kotak komentar atau bertemu langsung di kampus.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in STIE Canda Bhirawa Kediri. Bookmark the permalink.

One Response to Review Pertemuan 08 Januari 2013

  1. Pingback: Revie Pertemuan 12 Januari 2013 | Sinollahblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s