PANJANG ANGAN-ANGAN & MENGUMBAR NAFSU


Saudari muslimah….

Dua hal yang sangat digandrungi wanita dan menjerumuskannya,yaitu dunia dan panjang angan-angan. Sedangkan setan menjerumuskannya dengan mengikuti ajakan hawa nafsu.

Imam Al-Bushairi berkata,”Lawanlah hawa nafsu dan setan,dan jauhilah keduanya,meskipun keduanya memberi nasihat,maka dari itu cermatilah.”

Janganlah engkau congkak dengan kecantikanmu,jangan engkau bangga dengan kekuasaanmu,dan janganlah angkuh dengan hartamu,hati-hatilah dengan perkara itu,karena itu adalah fitnah kehidupan. Allah berfirman,”Hai manusia,sesungguhnya janji Allah adalah benar,maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdaya
kan kamu tentang Allah. Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu,maka anggaplah ia musuh (mu),karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. (QS.Fathir:5-6)

Janganlah kekayaanmu menjadikanmu angkuh terhadap orang-orang fakir,dan janganlah kecantikanmu meremehkan orang yang jelek,dan janganlah kedudukanmu merendahkan orang yanng lebih rendah darimu. Kenikmatan dunia itu sedikit dan pendek usianya. Allah berfirman,”Harta dan anak-anak adalah perhiasaan kehidupan
dunia,tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shaleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Rabb mu serta lebih baik untuk menjadi harapan. (QS.Al-Kahfi:46)

Dunia adalah kompetisi,terkadang berpihak kepadamu dan tekadang berpaling darimu,kenikmatannya tidak abadi dan tidak berkelanjutan,dan ia merupakan negeri yang fana.

Saudari muslimah…

Janganlah mengikuti hawa nafsu,karena hawa nafsu itu rakus yang tidak ada batasnya,hendaklah engkau bersikap qona’ah karena ia adalah harta yang tak akan pernah sirna. Imam Syafi’i berkata,”Telah lenyap kerakusanku sehingga jiwaku bebas istirahat,karena jiwa tidak akan pernah kenyang.”

Ali bin abi Thalib berkata,”Aku khawatirkan atas kalian dua hal,panjang angan-angan dan mengikuti hawa nafsu. Sesungguhnya panjang angan-angan dapat melupakan akhirat,dan mengikuti hawa nafsu dapat menjauhkan dari al-Haq (kebenaran).Sesungguhnya dunia telah tercipta dan akan sirna,sedangkan akhirat akan terjadi kemudian hari,keduanya memiliki pengikut,jadilah kalian pengikut akhirat dan jangan menjadi pengikut dunia,hari ini adalah hari untuk beramal sebelum penghitungan,namun kelak adalah hari penghitungan,dan bukan lagi waktu untuk beramal,perbanyaklah amal hari ini,karena sesungguhnya kalian tidak mampu menjamin untuk bisa beramal di esok hari.”

Sesungguhnya setan akan selalu menggodamu untuk melakukan perbuatan maksiat,dan akan selalu memperindah perbuatan dosa. Ketahuilah,banyak mengenyam kenikmatan dunia menjadikan dirimu tidak ingat Allah dan dapat memperbanyak permasalahan keluarga sehingga Allah melupakanmu. Di dunia engkau tidak bahagia dan tidak akan mendapatkan kebaikan di akhirat.

Allah berfirman,”Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku,maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit,dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” Berkatalah ia,”Ya tuhanku,mengapa engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta,padahal aku dahulunya seorang yang melihat?
Allah berfirman,”Demikianlah,telah datang kepadamu ayat-ayat kami,maka kamu melupakannya,dan begitu pula pada hari ini kamupun dilupakan. (QS.Thaha:124-126)

Aswad bin Qais berkata,”Aku mendengar jundub berkata,”Umar masuk ketempat Nabi sedang beliau duduk diatas tikar yang memberikan bekas dibagian tubuhnya.Melihat kondisi tersebut,umar menangis. Nabi bertanya kepadanya,”Apa yang membuatmu menangis wahai Umar?” Umar menjawab,”Engkau menyebutkan kerajaan kisra dan istana yang bergelimang dengan kenikmatan dunia,sedangkan engkau wahai Rasulullah,tempat tinggalmu memberikan bekas dibagian tubuhmu. Nabi bersabda,”Mereka orang-orang yang didahulukan kenikmatannya di dunia,sedangkan kita adalah kaum yang di akhirkan kenikmatan kita di akhirat. (HR.Bukhari Muslim)

Terkadang wanita menyangka bahwa ia tidak akan mengalami masa tua,kecantikannya tidak pudar seiring bertambahnya usia. Ia tidak menyangka bahwa akan mengalami masa tua,meskipun berdandan,kecantikannya telah memudar.

Rasulullah bersabda,”Tiga hal yang membinasakan: sifat tamak yang ditaati,hawa nafsu yang diikuti dan berbangga pada diri sendiri”.

Diriwayatkan bahwa Ali bin Abi Thalib berkata,”Barangsiapa yang meiliki enam sifat,niscaya Jannah memanggilnya dan neraka menjauhinya. Yaitu: Mengetahui Allah lalu mentaatinya,mengetahui setan lalu memusuhinya,mengetahui kebenaran lalu mengikutinya,mengetahui kebathilan lalu menjauhinya,mengetahui dunia lalu berpaling darinya dan mengetahui akhirat lalu menggapainya.(Tanbihul Ghafilin).

Saudari muslimah….

Janganlah engkau menyibukkan diri dengan dunia dan melupakan akhirat. Janganlah engkau habiskan hari-harimu dalam keadaan lalai,dan hendaklah engkau iringi setiap perbuatan buruk dengan perbuatan baik. Setiap kali engkau lalai melakukan dosa,maka iringilah dosa dengan taubat dan istighfar,dan janganlah engkau
menjadi orang yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an,”(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu),hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka,dia berkata,”Wahai Rabb ku kembalikanlah aku (kedunia),agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan. (QS.Al-Mukminun:99-100)

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang hatinya hanyut cinta dunia,maka hatinya terkekang tiga hal,”Kesibukan yang tak berujung,angan-angan yang tak bertepi,dan rakus yang tak pernah puas. Dunia itu pencari dan dicari,dan akhirat pencari dan dicari. Barangsiapa yang mencari akhiat,dunia akan mencarinya sampai tercurah seluruh rizkinya,dan barangsiapa yang mencari dunia,akhirat akan mencarinya sampai ajal menjemputnya dengan tiba-tiba. (HR.At-Thabrani)

Saudariku muslimah….

Pada akhir pembahasan ini penulis ketengahkan hadist Rasulullah yang harus kamu perhatikan dengan baik,akalmu harus memikirkannya dan hatimu harus merenungkannya. Beliau bersabda,”Khamer adalah akar perbuatan dosa,wanita adalah mantra-mantra setan dan cinta dunia adalah pokok segala kesalahan.”

Jauhilah fitnah dunia,berusahalah untuk tidak menyakiti orang lain,berhati-hatilah dari tipu muslihat setan,dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu.

http://shaiza-rumahislam.blogspot.com/2011/11/panjang-angan-angan-mengumbar-nafsu.html

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Mencoba Menata Hati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s