5 Jenis Blog Terlarang di WordPress


Dari beberapa sumber blog, menceritakan pengalaman blog mereka yang diblokir atau di-bann oleh otoritas WordPress.com Tidak jarang dari mereka kehilangan data-data tulisan, media dan sejenisnya yang tersimpan di WordPress mereka ketika account mereka dinonaktifkan. Btw, saya cari informasinya, oh.. rupanya di ketentuan Terms of Service WordPress telah memperingati hal-hal yang terlarang bagi sebuah situs gratis dari layanan WordPress.com

Saya tidak mengetahuinya, karena ketika saya mendaftar account di WordPress 3 bulan silam, saya sama sekali tidak membaca [istilah : tidak mengubris] prasyarat dan syarat menikmati layanan blog gratis WordPress. Hal serupa-pun saya abaikan di email Yahoo, g-mail, situs-situs tertentu, friendster dan sejenisnya. [mungkin karena gratis juga, sehingga so what gitu]

Memang membaca term atau aturan-aturan perjanjian tersebut terlalu panjang dan menyita waktu yang banyak, dan kita akan semakin malas membacanya jika terms-nya Bahasa Inggris dan kebetulan Bahasa Inggris kita pas-pasan. Sehingga kadang [menjadi wajar] kita tidak memperhatikan aturan dan kebijakannya.

Bagi pengguna WordPress, yang belum pernah membaca aturan tersebut, sebaiknya membaca Terms of Service sekarang, dan mungkin lebih baik juga menginvestigasi apakah jenis blog Anda termasuk yang dilarang oleh Automattic’s (WordPress)

Berikut 5 Jenis Blog yang Terlarang di Types of blogs WordPress

  1. Blog Pembajak

Blog yang mengambil konten/materi dari blog lain dan mempublikasikannya kembali tanpa izin pemilik Blog. Jika konten sebuah blog berisi semua atau sebagian dari hasil pencurian blog lain, maka tamatlah riwaya blog Anda [jika diketahui/dilaporkan]. Tentu Anda diperbolehkan mengutip sebagian kecil suatu tulisan dengan catatan kaki (footnote serta URL-nya) demi menvalidasi kebenaran opini [tidak menyebar fitnah] atau ulasan yang Anda kemukan.

  1. Blog SEO

Blog yang ditulis untuk ‘konsumsi’ search engine, bukan untuk manusia.  Blog-blog ini digunakan untuk mencoba mengelabui Google dan mesin pencari lainnya agar blog-nya masuk ke dalam peringkat tinggi hasil pencarian. Contohnya : ada orang yang menyisipkan ratusan tag (label) pada situsnya agar terdeteksi oleh Google, padahal ketika dicari, kontennya tidak ada. Yang ada hanya iklan atau link-link promosi lainnya.
*SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencari.

  1. Blog Iklan Marketing

Blogs yang tujuan utama untuk meningkatkan traffic pada program afiliasi/link dan untuk  mendapatkan cara “cepat-kaya”. Termasuk dalam hal ini adalah blog multi-level marketing atau MLM dan blog skema piramida.
Namun perlu diperhatikan : seorang penulis buku asli, review film atau game dan memasang linknya ke toko buku atas sejenisnya (misalnya : Amazon, Gramedia, Gunung Agung, dst) atau produk mereka sendiri, tidak termasuk pelanggaran kategori ini. Jadi, yang ditekan oleh WordPress adalah originalitas.

  1. Blog Promosi Pembajakan

Blog yang mempromosikan bajakan salinan ebook, software, musik, film, games, dan lain-lain di situs Anda.

  1. Blog Otomasi

Blog yang dihasilkan oleh komputer, termasuk blog yang dihasilkan secara random, blog yang mempublikasikan kembali siaran pers, materi pemasaran, hasil mesin pencari, link ‘sampah’,

 

Sekilas

Aturan-aturan serta blog terlarang yang diberikan di WordPress sebenarnya sangat baik untuk kita terapkan. Banyak hal ‘disiplin moral’ yang akan berguna bagi kita ke depan. WordPress mengajak kita untuk menghargai hasil karya orang lain (Hargailah orang lain, maka dirimu pun akan dihargai) dan tidak membudayakan perilaku pembajakan. Selain itu, dalam Terms of Service WordPress sangat menghimbau pengguna WordPress agar mempublikasikan hal atau materi positif dan bermanfaat banyak bagi orang lain. Pengguna maupun pengunjung hendaknya tidak menyebarkan materi provokasi kekerasan, penipuan, penyesatan, teror atau porno (melanggar etika moral).

Karena layanan WordPress diberikan secara gratis, dan pendiri WordPress sendiri, Matt Mullenweg (Biografi serta Kisah Sukses Pendiri WordPress), sejak awal bertekad agar WordPress menjadi komunitas penghubung komunikasi dan informasi positif bagi dunia, maka tindakan mencari untung sepihak (iklan dan sejenisnya) merupakan tindakan tidak baik.

Selain itu, alangkah baiknya kita perhatikan term atau aturan pada setiap registrasi pada suatu situs. Mengingat data yang kita masukan bisa saja digunakan secara tidak benar dari situs-situs yang tidak benar. Maka, hati-hatilah. Jangan memberikan semua data-data yang sangat rahasia kepada pengelola situs.

Sumber: http://nusantaranews.wordpress.com/2009/01/22/5-jenis-blog-terlarang-di-wordpress/

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Tutorial Wordpress. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s