Jabatan itu Amanah Saudaraku


Sebentar lagi di kantor akan ada pergantian pejabat. Banyak hal yang menarik yang saya amati dalam proses maupun hasil pemilihan pejabat. Ada yang sangat ambisi menjadi pejabat sehingga dia berupaya melalui segala cara untuk mendapatkan posisi tertentu (bahkan katanya sampai ke dukun). Ada pula yang sebenarnya memiliki potensi dan  diperkirakan lebih mampu memegang suatu jabatan tapi karena tidak disukai (entah itu karena dinilai terlalu vokal atau susah dikendalikan atau pernah bersinggungan secara pribadi) akhirnya sangat susah untuk bisa menduduki jabatan. Ada pula yang setelah berupaya dengan segala cara (termasuk memfitnah) tapi toh tidak terpilih juga, akhirnya menebarkan fitnah, caci maki, dan segala prasangka buruknya. Masya Allah…Sebenarnya apa yang mereka cari dengan jabatan tersebut?

Saya merenung, ternyata banyak orang tidak sadar bahwa jabatan adalah amanah yang harus mereka pertanggungjawabkan dihadapan orang yang memberikan dan mempercayakan amanah tersebut (bawahannya atau masyarakat) dan dihadapan Allah SWT.

Banyak yang melekat pada apa yang diamanahkan dalam jabatan tersebut. Menjadi seorang pejabat artinya siap menjadi pemimpin. Menjadi seorang pemimpin berarti berani bertanggungjawab dan harus mampu mengorganisir sedemikian rupa sumberdaya (manusia, bahan, barang, dsb) yang ada dalam organisasi tersebut agar bisa termanfaatkan dan dimanfaatkan serta membawa kemaslahatan bersama.

Selain itu, pemimpin harus mampu mengupayakan perbaikan kesejahteraan bersama (dia dan orang yang dipimpinnya). Seorang pemimpin harus pula memiliki pandangan luas ke depan, hati yang luas untuk mampu menerima segala kritik dan saran, serta tidak mencampuradukkan antara kepentingan (keinginan, dendam, penilaian) pribadi dengan kepentingan bersama.

Pemimpin juga harus bisa menjadi contoh atau panutan bagi yang dipimpinnya. Pemimpin haruslah mampu menciptakan kenyamanan, keamanan, dan ketenangan di lingkungannya. Yang tidak kalah penting adalah pemimpin haruslah mampu bersikap adil. Pemimpin juga haruslah yang cerdas…dan masih banyak lagi. Tapi,..memang di dunia seperti sekarang ini adakah pemimpin ideal?

Seandainya mereka sadar akan apa yang harus melekat pada jabatan tersebut dan kelak dihadapan Allah mereka dihisab, mungkin tidak banyak orang mau menjadi pejabat dan sejauh mungkin menghindar untuk jadi pejabat…..

Saat ini…jabatan adalah posisi yang seolah-olah menjanjikan kemakmuran, kehormatan, dan kemudahan mendapatkan akses bagi kepentingan hidupnya.

Adakah para pejabat itu sadar tentang amanah dibalik jabatannya dan perhitungan dari Allah? Ada, tapi jelas tidak dan belum banyak….

Gallery | This entry was posted in Mencoba Menata Hati. Bookmark the permalink.

3 Responses to Jabatan itu Amanah Saudaraku

  1. cantix says:

    Sebenar nya jabatan itu apa penting nya sich????????? klo kita nya bisa memimpin gak masalah klo enggak waoooooooooooooo pasti jadi masalah,,,,,, Tapi seorang pemimpin harusnya menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan bisa menghargai satu sama yang lain,,,, sehingga tidak ada saling iri hehehehehe,,,,,,,,,

    • sinollah2012 says:

      Bukan soal pentingnya, tapi soal tepatnya orang yang diberi jabatan itu. the right man in the right place, katanya begitu. ketika jabatan itu di tempati orang yang tepat dari sisi kemampuan dan kredibilitasnya serta ditambai dengan orang yang amanah, maka tidak ada persoalan. Yang menjadi persoalan adalah ketika jabatan dijabat orang sudah tidak kompeten trus tidak mau menerima kritik dan saran dari orang lain, apalagi menyalahgunakan jabatan itu demi diri dan kelompoknya.

  2. Pingback: Mencoba Menata Hati | Sinollahblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s