Dosen Pembimbing Skripsi

A. TUJUAN

Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran  ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi

B. RUANG LINGKUP

Tata cara pengambilan skripsi dan pelaksanaan ujian skripsi mulai dari pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) sampai pengesahan laporan skripsi dan pengimputan nilainya.

C. PROSEDUR

Ketentuan Umum

  • Mahasiswa telah menempuh minimal 120 SKS dengan IPK 2,0 (termasuk LULUS minimal dengan nilai C untuk mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial, Agama dan Bahasa Indonesia serta PPKn).
  • Masih terdaftar sebagai mahasiswa STIE Canda Bhirawa Kediri pada semester bersangkutan yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa, kwitansi pembayaran SPP pada semester bersangkutan, dan sertifikat mengikuti seminar komunikasi dengan jumlah yang ditentukan program studi terhitung angkatan 2009.
  • Mencantumkan MK skripsi di dalam Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester bersangkutan.

Prosedur Pengajuan Usulan Skripsi

  1.  Mahasiswa mengajukan usulan Skripsi ke Ketua Program Prodi dengan kelengkapan sebagai berikut:
  • 1 (satu) buah outline skripsi yang terdiri dari; judul, latarbelakang, rumusan masalah, dan Metode Penelitian.
  • Formulir pendaftaran skripsi.
  • Transkrip nilai yang ditandatangani Pembimbing Akademik (PA) atau  Ketua Prodi.
  • Formulir capaian SKS sebagai suatu persyaratan bahwa mahasiswa bersangkutan telah memenuhi persyaratan akademik.
  • Semua berkas dimasukkan dalam stof map berwarna biru dengan mencantumkan nama dan NIM di sampul depan stof map.
  1. Ketua Prodi atas nama Pembantu Ketua I mengeluarkan Surat Tugas Pembimbing Dosen Pembimbing I dan II atau pembimbing tunggal kepada mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan skripsi.
  2. Dosen Pembimbing I dan II ditentukan berdasarkan rapat program studi dengan memperhatikan konsentrasi, keahlian, dan perimbangan dengan jumlah mahasiswa yang menempuh Skripsi.
  3. Dosen Pembimbing Tunggal ditentukan berdasarkan rapat program studi dengan memperhatikan konsentrasi, keahlian, perimbangan dengan jumlah mahasiswa yang menempuh Skripsi dan kesanggupan dari dosen yang bersangkutan serta berasal dari lingkungan Prodi bersangkutan kecuali dengan pertimbangan rapat dewan dosen.
  4. Mahasiswa menyerahkan Surat Tugas Pembimbing kepada dosen pembimbing yang bersangkutan untuk selanjutnya melakukan bimbingan.
  5. Mahasiswa mendapatkan Lembar Bimbingan Skripsi.
  6. Mahasiswa mengajukan Surat Ijin/Permohonan Penelitian kepada Ketua Prodi yang dibuat sendiri oleh mahasiswa bersangkutan (bagi yang membutuhkan).
  7. Kaprodi mengundang mahasiswa yang telah melewati jangka waktu 12 bulan dari pendaftaran skripsinya untuk melaporkan perkembangan skripsinya.
  8. Mahasiswa yang telah melewati jangka waktu 12 bulan, wajib melaporkan perkembangan skripsinya pada rapat evaluasi skripsi.
  9. Bagi Mahasiswa yang telah menempuh skripsi melewati jangka waktu 12 bulan dan masa studinya melewati 14 semester, maka diberikan perpanjangan waktu selama 1 semester.

Prosedur Pelaksanaan Pembimbingan dan Penelitian Skripsi

  1. Penyusunan skripsi dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing. Pembimbingannya dilakukan bab per bab yang dibuktikan dalam Lembar Bimbingan Skripsi.
  2. Setelah proses pembimbingan selesai, mahasiswa mengisi Form Selesai Bimbingan Skripsi dengan meminta tanda tangan kedua pembimbing skripsi yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut telah menyelesaikan proses pembimbingan.

Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 1 Desember 2012. Untuk mendownload versi lengkapnya silahkan download SK Penetapan Dosen Pembimbing dan Penguji dan SOP Skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s